Rabu, 17 Juni 2015

Odoh 239, sujud dengan 7 anggota badan

ONE DAY ONE HADIST (ODOH 239 )
SUJUD DENGAN 7 ANGGOTA BADAN

‫‫

عَنْ عَبْدِ الله بن عباس رضيَ الله عَنْهُمَا قالَ: قَالَ رَسُولُ الله صلى الله عليه وسلم: " أمِرْت أنْ أسْجُدَ عَلَى سَبْعَةِ أعظُمٍ : عَلَى الجبهة (وأشار بيده إلى أنفه) واليدين، والركبتين، وأطراف القدمين".‬‬

Dari Abdullah bin Abbas rodhiyallahu anhu dia berkata, telah bersabda Rasulullah - shalallahu alaihi wasalam- aku diperintahkan untuk sujud dengan tujuh anggota badan (yaitu ). Jidad ( dan beliau berisyarat dengan tanggan ke hidung ) , kedua (telapak ) tangan, kedua lutut, dan kedua ujung kak ( mutafaqun alaihi )

   Makna dan faedah hadist :

1.     Allah memerintahkan Rasulullah untuk bersujud dengan menempelkan 7 anggota badan ketanah yaitu : jidad termasuk hidung, kedua telapak tangan, kedua lutut dan kedua ujung kaki 

2.     Ulama bersepakat disyari’atkannya sujud dengan 7 anggota badan tersebut sesui dhahir hadist , akan tetapi, diperselisihkan anggota tubuh mana yang wajib digunnakan untuk sujud, sebagian ulama berpendapat yang wajib adalah jidad dan anggota tubuh yang lainnya adalah sunnnah saja, sebagian ulama mengatakan wajib 7 anggota badan tersebut mengenai tanah sesui dengan perintah hadist diatas dan inilah pendapat  yg mashur dikalangan madzab imam ahmad, dan inilah pendapat yang shahih .

3.     Hidung merupakan bagian dari jidad yang harus digunaan untuk sujud , dan tidak cukup hanya hidung saja atau jidad saja untuk sujud sebagaimana Abu hanifah mengatakan hidung merupakan bagian dari jidad yang digunakan untuk sujud . 

4.     Sujud dengan 7  anggota tubuh tersebut sebagai pengagungan kepada Allah dan menampakkan kerendahan dan butuhnya  kita dihadapan Allah yang maha Agung. 

5.     Tidak mengapa sujud diatas pembatas seperti sajadah, carpet, atau tikar, dan tidak boleh sujud diatas anggota tubuh lainya misal jidad ditempelkan/dialasi  dengan tangan, karena tangan merupakan anggota sujud. 

6.     Makruh sujud dialasi dengan  surban yang dipakai langsung dikepalanya atau  baju/pakaian  yang dipakai shalat kecuali jika darurat  seperti lantai becek, atau panas atau banyak duri dsb . 

‫و الله أعلم بالصواب‬

Dinukil dr : Kitab Taisirul 'Alam syarah 'Umdatul Ahkam, Karya Abdullah Shalih Alu Bassam, Kitab As Sholat, Bab Sifat Shalat Nabi , hadist no : 82  Jilid 1, hal: 141-142, Cet. Maktabah Ar Rossyid Riyadh – KSA‫

‫سُلَيْمَان اَبُوْ شَيْخَه‬
287302DE / 2837AECC  ‫

‫أَسْعَدَ اللّهُ اَيَّامَكُمْ‬
Semoga Allah menjadikan hari-hari kalian penuh kebahagian
.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar