Rabu, 17 Juni 2015

Masing2 ada hak yang harus ditunaikan

Masing-masing Ada Hak Yang Harus Ditunaikan

Dalam sebuah hadits dari jalan ‘Aun bin Abi Juhaifah, dari ayahnya, dia berkata: Ketika Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam mempersaudarakan antara Salman dan Abu Darda`, Salman datang mengunjungi kepada Abu Darda`. Beliau melihat Ummu Darda` dalam keadaan lusuh.

Beliau bertanya kepadanya: “Ada apa denganmu?”

Ia menjawab: “Saudaramu Abud Darda` tidak punya kebutuhan terhadap dunia. ”

Lalu datanglah Abu Darda` dan  membuatkan makanan untuknya. Abu Darda` lalu berkata: “Makanlah, karena sesungguhnya aku berpuasa. ”

Salman berkata: “Saya tidak akan makan hingga engkau makan. ” “Maka diapun makan bersama Salman.

Tatkala di malam hari Abud Darda` bangkit (untuk shalat), maka Salman berkata: “Tidurlah. ” Lalu dia bangkit, lagi maka Salman berkata: “Tidurlah. ” Sehingga tatkala di akhir malam Salman berkata: “Bangunlah sekarang. ” Lalu keduanya pun shalat.

Lalu Salman berkata kepadanya: “Sesungguhnya atas diri ada hak untuk Rabb-mu, ada hak untuk dirimu, dan ada pula hak untuk keluargamu. Berikanlah hak tersebut kepada setiap yang memiliki haknya.

” Lalu Abud Darda` datang kepada Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam dan mengabarkan hal tersebut kepada beliau, maka Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Telah benar Salman. ” (HR. Al-Bukhari, no. 1867)

Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala senantiasa membimbing kita dan keluarga kita agar senantiasa menjadi hamba yang ikhlas, bersabar dan istiqamah dalam melaksanakan perintah-perintah-Nya, dan menjauhkan kita dari fitnah serta penyebab jauhnya hamba dari beribadah kepada-Nya.

وَالَّذِينَ يَقُولُونَ رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَاماً

“Dan orang-orang yang berkata: ‘Ya Rabb kami, anugerahkanlah kepada kami istri-istri kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa’. ” (Al-Furqan: 74)
Wallahu a’lam.

www. asysyariah. com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar