Kamis, 18 Juni 2015

Odoh 255, cara membaca alfatihah bagi imam ketika shalat jahr

I.
One Day One Hadist (Odoh 255 )‬‬
‫Cara Membaca Al fatihah Bagi Imam Ketika Shalat jahr‬‬

‫‫عَنْ أنَسِ بن مَالِكٍ رضيَ الله عَنْهُ: أنَّ النَّبيَّ صلى الله عليه وسلم  وَأبَا بَكْر وَعُمَرَ رَضيَ الله عَنْهُمَا كَانُوا يَفتَتِحُونَ الصَّلاةَ  بـ"الْحَمْدُ لله رَبِّ الْعَالَمِينَ".‬‬

Dari Anas Bin Malik  radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasalam , Abu Bakar, Umar Radhiyallahu anhum mereka memulia shalatnya dengan membaca. “ Alhamdulillahi Rabbil ‘alamin “   ( mutafaqun Alaihi )

‫‫وفي رواية: صَلَيتُ مَع أبي بَكرٍ وَعُمَرَ وَعُثمانَ، فَلَمْ أسمَعْ أحَداً مِنْهُمْ يَقرأ "بِسْم الله الرَّحمنِ الرحِيمِ".‬‬

Dan dalam riwayat yang lain : Aku Shalat bersama Abu Bakar, Umar , dan Ustman Radhiyallahu anhum , aku tidak pernah mendengar dari seorang pun dari mereka dengan mambaca bismillahirahmanirrahim ( dengan keras / Jahr )

‫‫ولـ"مسلم": صَليْتُ خَلْفَ النَبي صلى الله عليه وسلم وَ أبي بَكرٍ، وَعُمَرَ، وَعُثْمانَ رضيَ الله عَنْهُمْ، فَكَانُوا يَسْتَفْتِحُونَ الصلاةَ بـ"الْحَمْدُ لله رَبِّ الْعَالَمِينَ" لا يذكرون " بسم الله الرحمن الرحيم" في أوّلَ قِرَاءَةٍ وَلا في آخِرِهَا.‬‬

Dan dalam riwayat muslim “ aku shalat dibelakang Rasulullah, shalallahu ‘alaihi wasalam , Abu Bakar, Umar dan ustman Radhiyallahu anhum, mereka memulia shalat dengan membaca : Alhamdulillahi Rabbil ‘alamin “ , mereka tidak menyebutkan bismillaah rahmanirrahim pada awal bacaan dan akhir bacaan.

 
IKTHILAFUL ULAMA’ :

1.     Ulama berbeda pendapat tentang dua hal:

1.1  hukum membaca basmalah disyariatkan atau tidak ?

A.    Imam 3 madzab ( abu hanifah, Imam syafi’ii, dan imam ahmad ) berpendapat sunnah membaca basmalah ketika shalat . dengan dalil beberapa hadist diantaranya hadist Abu Hurairah : “ ketika shalat beliau membaca Bismillahirahmaninrahim sampai dengan bacaan waladhollin , ketika selesai shalat, dia berkata : “ sesungguhnya aku ini paling serupa diantara kalian dengan shalat Rasulullah ( Hr, Bukhari ).
.
Lanjutan One Day One Hadist (Odoh 255 )‬‬


B.    Imam Malik berpendapat tidak disyariatkan membaca basmalah ketika shalat . dengan dalil hadist riwayat anas bin malik diatas. 

1.2  Para Ulama yang menyatakan sunnah / disyariatkannya membaca basmalah berselisih pendapat tentang hukum mengeraskan bacaan basmalah

A.    Imam Syafi’ii berpendapat disyariatkannya mengeraskan bacaan basmalah. Dengan dalil hadist riwayat anas ketika ditanya bagaimana bacaan Rasulullah ? maka dia menjawab : bacaanya panjang kemudian dia membaca basmalah dengan memanjangkan bismillaah , ar rahmaan , ar rahiim  ( Hr, Bukhari )Juga hadist Ummu Salamah ketika ditanya tentang bacaan Rasulullah, maka dia menjawab bahwa Rasulullah memutus bacaanya ayat demi ayat bismillahirrahmaniirahim... * alhamdulillahi rabbil alamin .. * dst ( Hr. Ahmad dan Abu Dawud )

B.    Abu Hanifah , dan Imam Ahmad berpendapat disyariatkannya membaca basmalah dengan sirr ( lirih/pelan) mereka berdalil dengan hadist bab ini ( diatas )Syeikhul Islam Ibnu Taimiyyah berkata ; “ kami meriwayatkan dari Daruquthniy beliau berkata :” tidak ada riwayat shahih dari Nabi yang menyatakan bahwa beliau ( Nabi ) mengeraskan bacaan basmalah .

Ibnu Daqiqul ‘ied menyatakan : “ yang kita yakini dari hadist ini adalah tidak kerasnya bacaan basmalah ( ketika dalam shalat ) , anas bin malik berkumpul bersama Rasulullah selama + 20 tahun dan berkumpul bersama 3 khulafaur rasyiddin selama + 25 tahun dan beliau shalat (menjadi makmum )y dibelakang mereka semuanya, dan dimungkinkan peniadaan bacaan disebagian riwayat adalah tidak mengeraskan bacaan basmalah tersebut dengan demikian terkumpullah sejumlah dalil sehingga diamalkan semuanya.

Bersambung اِ نْ شَآ ءَ اللّهُ.

Lanjutan ....
One Day One Hadist (Odoh 255 )‬‬‫
MAKNA DAN FAEDAH HADIST :

1.     Anas bin malik menyatakan dia tidak mendengar seorangpun dari sahabat Nabi membaca basmalah ketika shalat baik , diawal mauoun diakhir bacaan , tetapi mereka memulai shalat dengan bacaan alhamdulillahirabbil ‘alamin, padahal anas bin malik begitu lama berkumpul dan berumulazamah dengan rasulullah serta khulafaur rasyidi

2.     Disyariatkannya membaca basmalah setelah doa iftitah dan berta’awudz sebelum membaca Al Fatihah .

3.     Bacaan basmalah ketika shalat adalah sir ( pelan /lirih) walaupun ketika shalat jahriyyah ( keras)

4.     Para ulam meyatakan basmalah tidak termasuk ayat dalam surat AL fatihah, (tetapi bagian dari ayat Surat : (QS. An Naml: 30) detailnya kunjungi : http://muslimah.or.id/hadits/apakah-basmalah-bagian-dari-surat-al-fatihah.html

5. Penjelasan secara jelas mengenai hukum basmalah dalam shalat silahkan kunjungi :
http://m.muslim.or.id/fiqh-dan-muamalah/hukum-basmalah-dalam-shalat.html

Dinukil dr : Kitab Taisirul ‘Alam syarah ‘Umdatul Ahkam, Karya Abdullah Shalih Alu Bassam, Kitab As Sholat, Bab qiroatu fis shalat  , hadist no : 100‫ Jilid 1, hal: 164-166 Cet. Maktabah Ar Rossyid Riyadh – KSA‫

‫سُلَيْمَان اَبُوْ شَيْخَه‬
287302DE / 2837AECC

أَسْعَدَ اللّهُ اَيَّامَكُمْ ♥♥
Semoga Allah Ta'alaa menjadikan hari-harimu penuh dgn kebahagiaan .

NB : yg ketingalan ODOH ( One Day One Hadist ) atau yg ingin copas dan disebarkan di BBM ataau WA silaahkann kunjungi :

http://www.abusyeikha.blogspot.com

Semoga bermanfaat

Tegal, Gerbong KAI
Mataremaja : 29-04-2015

Tidak ada komentar:

Posting Komentar