Kamis, 18 Juni 2015

Odoh 262, kafarah orang yg jima' disiang ramadhan

ONE DAY ONE HADIST ( 262)
KAFARAH ORANG YANG JIMA’ DISIANG RAMADHAN

عَنْ أبي هُريرة رضي الله عَنْهُ قَال: بَينماَ نَحن جُلُوسْ عِنْدَ النبي صلى الله عليه وسلم إذ
جَاءه رَجلٌ فقَالَ: يَا رَسولَ الله، هَلَكتُ. فقال: "ما أهلَكَكَ؟ " أو مَالكً؟. قال: وَقَعْتُ على امْرَأْتِي، وأنا صائمٌ " وفي رواية: أصبتُ أهلي في رَمَضَانَ". فقالَ رَسُولُ الله صلى الله عليه وسلم: "هَلْ تَجِدُ رَقَبَةً تعتقها؟ " قال: لا.
قال: "فهل تستطِعُ أن تصوم شَهْرَيْنِ مُتَتَابِعْين؟ " قال: لا. قال: "فهل تجد إطعام ستين مسكيناً؟ " قال: لا. قال: فَسَكَتَ النبي صلى الله عليه وسلم. فبينما نَحْنُ على ذلك إذْ أُتي النبي صلى الله عليه وسلم بِعَرَق فيهِ تَمرٌ" والعرق: المَكْتَلُ.. قال: "أَيْنَ السَّائِلُ؟ " قالَ: أنا. قال: " خُذْ هذَا فتصَدَّق بِهِ، فقال: أعلى أفقَرَ منِّي يَا رَسُولَ الله؟ فَوَ الله مَا بَيْنَ لا بَتَيْها ـ يريد الحَرَّتَيْنِ ـ أهْلُ بَيْتٍ أفْقَر مِنْ أهل بَيْتي. فَضَحِكَ النَّبِي صلى الله عليه وسلم حتى بَدَتْ أنيابُهُ، ثمَّ قَالَ: "أطْعِمْهُ أهْلَكَ".

artinya : Dari Abu Hurairah dia berkata “ ketika kami sedang duduk disisi nabi tiba-tiba datang seorang laki-laki kepada beliau dan berkata “ Ya Rasulullah ! celaka saya,. Beliau bertanya “ apa yang mencelakakanmu,” dia menjawab “ aku berjima’ dengan istriku padahal aku sedang puasa, Maka beliau bersabda “apakah kamu bisa menapatkan seorang budak untuk dibebaskan ?” dia menjawab “ tidak “ , beliau bertanya “ apakah kamu dapat berpuasa 2 bulan berturut-turut ?” dia menjawab “ tidak “ berliau berkata “ apakah kamu dapat memberi makan 60 orang miskin” dia menjawab “ tidak “ . kata abu hurairah lalu nabi diam . ketika kami dalam keadaan yang demikian tiba-tiba rasulullah diberi sekeranjang kurma, lalu nabi bertanya “ mana orang yang bertanya tadi orang tadi menjawab “ saya “ beliau bersabda “ Ambillah ini dan sedekahkan “ orang tadi balik bertanya “ apakah dibagikan kepada orang-orang yang lebih miskin dari saya ya Rasulullah ?”, demi Allah tidak ada orang yang lebih fakir dari saya disekitar kota madinah ini “ Maka rasulullah tertawa hingga

Nampak gigi tengahnya lalu beliau bersabda “ berikanlah kepada keluargamu “ ( Mutaaqun ‘alaihi )

Makna dan Faedah Hadist :

1. Jima’ disiang hari pada bulan ramadhan adalah suatu perbuatan keji yang membinasakan , karena itu Nabi membenarkan perkataan Salamah bin Shakir Al Bayadhi yang datang dan berkata “ celaka aku “ seandainya perbuatan itu tidak demikian jeleknya pasti beliau akan meringankannya dengan berkata kepada orang tadi “ itu perbuatan biasa (pent.)

2. Jima’ disiang ramadhan dengan sengaja menyebabkan wajibnya membayar kafarah dengan memilih secara berurutan sebagaimana disebutkan dalam hadist diatas.

3. Kewajiban membayar kafarah tidaklah gugur karena keadaan hidup yang susah, hal ini karena Nabi tidak membebaskan sahabat ini dari kafarah karena kefakirannya dan dalam hadist diatasa tidak ada kata-kata yang menunjukkan bebasnya orang tadi dari membayar kafarah .

4. Bolehnya membayarkan kewajiban kafarah orang lain walaupun bukan keluarganya.

5. Bagi orang yang dibayarkan kafarahnya boleh makan dan memberi makan istrinya dari kafarah itu

6. Menurut dhahirnya hadist ini hamba sahaya yang dibebaskan boleh muslim atau kafir, demikian menurut Abu Hanifah , akan tetapi yang rajih sebagaimana difahami jumhur ulama bahwa hamba sahaya itu harus orang yang beriman dan hadist ini dibatasi dengan nash tentang kafarah pembunuhan yang menyebabkan bahwa hamba sahaya itu harus orang yang beriman .

7. Tingginya akhlaq Rasulullah dan indahnya sambutan beliau kepada orang yang datang kepada beliau dalam keadaan ketakutan ( karena masalahnya ) , akan tetapi kembali dengan riang gembira dengan membawa makanan untuk istrinya .

8. Bahwa orang yang melakukan kemaksiyatan yang tidak ada hukum had-nya kemudian dia datang untuk bertaubat dan menyesal maka dia diampuni dan tidak diberi hukuman .

Dinukil dari kitab taisirul ‘alam , karya Syeikh Abdullah bin abdirrahman Alu Bassam , kitab puasa hadist no 180 hal 310-311 cet. Maktabah Ar Rasyid Riyadh KSA

سُلَيْمَان

Tidak ada komentar:

Posting Komentar