Selasa, 24 Mei 2016

TRADISI RUWAHAN

【 📖 】❝RUWAHAN, TRADISI KIRIM DOA DI BULAN RUWAH❞ ::.

Saat ini kita berada di bulan Sya’ban atau orang jawa menyebutnya dengan bulan Ruwah. Pada bulan ini ada tradisi yang diuri-uri kelestariaannya sampai sekarang dan masih dijalankan terutama di daerah pinggiran atau pedesaan.

Orang mengenalnya sebagai tradisi Ruwahan atau Arwahan yaitu tradisi yang berkaitan dengan pengiriman arwah orang-orang yang telah meninggal dengan cara dido'akan bersama dengan mengundang tetangga kanan kiri yang pulangnya mereka diberi ”berkat” sebagai simbul rasa terimakasih. Oleh karena itu, jika bulan Ruwah tiba pasar-pasar tradisional akan kebanjiran order utk selamatan ruwahan, diantaranya beras, bumbu-bumbu, lauk semuanya laris untuk kebutuhan selamatan Ruwahan.

Entah kapan mulainya, beberapa warga desa yang ditemui tidak dapat menjelaskan, karena mereka ada tradisi itu telah ada dan selanjutnya terus diadakan sampai mereka punya anak dan cucu.

• INI SUDAH JADI TRADISI

Tradisi ruwahan tak ada yang pernah menukil siapa yang mempeloporinya. Bahkan tak jelas amalan tersebut berasal dari mana. Di Arab saja yang merupakan tempat turunnya wahyu, tradisi kirim do'a seperti itu tidak pernah ada. Kalau pun amalan ini ada dari Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam, tentu di negeri Islam lainnya selain di negeri kita, ada juga ritual semacam itu. Bukankah syari’at Islam itu berlaku untuk setiap umat di berbagai belahan bumi yang berbeda?

• AMALAN TAK BERDASAR

Syaikh Muhammad bin Husain Al-Jizaniy memberikan suatu kaedah,

“Setiap ibadah mutlak yang disyari’atkan berdasarkan dalil umum, maka pengkhususan yang umum tadi dengan waktu atau tempat yang khusus atau pengkhususan lainnya, dianggap bahwa pengkhususan tadi ada dalam syari’at namun sebenarnya tidak ditunjukkan dalam dalil yang umum, maka pengkhususan tersebut tidak ada tuntunan.” (Qawa’id Ma’rifatil Bida’, hal. 116)

Link lengkapnya: https://rumaysho.com/11103-ruwahan-tradisi-kirim-doa-di-bulan-syaban.html

✍ Ústâdz Muhammad Abduh Tuasikal. M.Sc حفظه الله تعالى

📱BBG Al-ilmú

❀ ❀ ❀ ❀ ❀

Tidak ada komentar:

Posting Komentar