Selasa, 24 Mei 2016

JIKA INGIN ANAK-ANAK MERAIH KEBERHASILAN

Jika ingin anak-anak kita meraih keberhasilan, terlebih jika kita berkemauan kuat agar anak-anak kita berjuang menegakkan agama ini, salah satu hal penting yang harus kita latihkan dan tanamkan adalah kemampuan menahan diri. Tak setiap keinginan anak harus kita turuti. Ada saat mereka perlu belajar menahan keinginan, bukan karena tidak mampu, melainkan justru agar memiliki ketangguhan mengendalikan keinginan.

Tak setiap kehendak anak harus kita penuhi. Bukan karena kita tidak sanggup, melainkan justru menyiapkan mereka agar dapat meraih kebaikan yang lebih besar. Salah satu di antara kebaikan itu adalah toleransi serta menghargai orang lain, termasuk di dalamnya mendahulukan orang lain demi meraih kemaslahatan yang besar. Ini sulit dilakukan jika anak lebih mementingkan keinginannya sendiri. Apalagi jika anak senantiasa dituruti segala kemauannya.

Cukuplah orangtua dikatakan tega terhadap anak apabila ia membiasakan anak hidup mudah, sebab dengan itu anak tidak belajar menghadapi kesulitan. Akibatnya, anak tidak belajar mengatasi rintangan, memecahkan masalah dan menghadapi tantangan. Mereka lemah, meskipun boleh jadi potensi otaknya cemerlang.

(Ustadz. Fauzil Adzim, pakar pendidikan anak)

〰〰〰〰〰〰〰〰〰
NASIHAT INI DIHADIRKAN OLEH:
TPA BAITUL JALAL KLATEN
UNTUK INFORMASI TPA BAITUL JALAL KLATEN silahkan menghubungi: 085642493111 (Ust. Ahmad Setiawan, Direktur TPA BAITUL JALAL KLATEN)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar