Senin, 30 Mei 2016

KHARAKTER PERUSAK JAMA'AH KAUM MUSLIMIN

💔 KARAKTER PERUSAK JAMA'AH KAUM MUSLIMIN 💔

✏️ Oleh:  Abu Usamah JR

".... Tegakkan dien, dan janganlah engkau berpecah belah didalamnya... (Qs. Asy Syura' : 13)

Ketika Allah 'Azza wa Jalla memerintahkan untuk menegakkan dien, ia juga melarang untuk berpecah belah dalam urusan tersebut. Sebab dengan terpecah belah akan menghilangkan kekuatan dan usaha untuk menegakkan dien akan menjadi terbengkalai karenanya. Biang perpecahan di kalangan bani Adam adalah setan. Perpecahan dari kelompok terkecil seperti suami istri, hubungan keluarga sampai kepada kelompok besar seperti tandzim/jama'ah jihad semua biang keroknya adalah setan. Hal tersebut berdasarkan firman Allah:
"Setelah setan merusak (hubungan) antara aku dengan saudara saudaraku." (Qs. Yusuf: 100).
"... Maka mereka mempelajari dari keduanya apa (yang dapat) memisahkan antara seorang (suami) dengan istri..." Qs. Al Baqarah: 102).

Maka ketika setan mampu menguasai jiwa seseorang, ketika itulah orang tersebut bisa berperanan sebagai perusak persatuan kaum muslimin. Atau bahkan orang tersebut telah menjadi setan berwujud manusia yang bertugas memecahkan barisan kaum muslimin.

Manusia yang telah kerasukan setan atau berubah menjadi setan yang kerjanya memecah belah persatuan kaum muslimin memiliki karakter diantaranya:

1⃣. Memandang dirinya sebagai pemilik keutamaan.

"...Sedangkan kami lebih berhak atas kerajaan itu daripadanya..." (Qs. Al Baqarah: 247).

Yaitu orang orang yang merasa bahwa dirinya lebih berilmu, lebih berpengalaman, lebih layak diambil pendapatnya dan lebih layak menjadi pemimpin daripada yang lain. Ketika apa yang disangkakan tidak dia dapatkan dari kaum muslimin, maka orang seperti ini akan kasak kusuk menyebar opini yang merusak persatuan ummat.

2⃣. Gemar Berdebat

"Dan taatilah Allah dan rasulNya dan janganlah kamu berbantah-bantahan yang menyebabkan kamu menjadi gentar dan kekuatanmu hilang dan bersabarlah, sungguh Allah beserta orang-orang yang sabar." (Qs. Al Anfal: 45).
Berbantah bantahan(debat) akan menimbulkan perpecahan yang berdampak pada hilangnya kekuatan. Setan manusia yang gemar berdebat akan mempertahankan pendapatnya meskipun salah dan kalah hujjah. Kekalahan dia dalam hujjah tidak menyebabkan dia rujuk kepada kebenaran tapi justru semakin sombong dan mengajak orang lain untuk mengikuti pendapatnya. Akibatnya umatpun terbelah dimana yang sebagiannya berpihak kepada si dungu yang gemar berdebat tersebut.

3⃣. Dengki kepada pemimpin kaum muslimin.

Orang yang memiliki sifat dengki akan berusaha agar nikmat yang ada pada orang lain hilang. Jika seseorang dihinggapi sikap dengki kepada pemimpin kaum muslimin, maka ia akan berusaha agar kepemimpinan hilang dari pemiliknya. Dan jika ia berusaha mewujudkan kedengkiannya maka sudah pasti yang dilakukan salah satunya adalah mencari pendukung dengan cara memecah belah kaum muslimin.

4⃣. Pembangkang Dan Keras Kepala.

"Maka ketika Thalut membawa tentaranya, dia berkata, "Allah akan menguji kamu dengan sebuah sungai, maka barangsiapa meminum (airnya) dia bukanlah pengikutku. Dan barangsiapa tidak meminumnya, maka ia adalah pengikutku kecuali menciduk seciduk dengan tangan." Tetapi mereka meminumnya kecuali sebagian kecil diantara mereka. Ketika dia (Thalut) dan orang orang yang beriman bersamanya menyeberangi sungai itu, mereka berkata, "Kami tidak kuat lagi pada hari ini melawan jalut dan balatentaranya." (Qs. Al Baqarah: 247).

Pada ayat diatas Allah 'Azza wa jalla memberikan hukuman berupa kelemahan atau ketidakmampuan untuk berperang kepada orang orang yang membangkang terhadap perintah pemimpinnya. Akibatnya para pembangkang tersebut dipisahkan oleh Allah dari kelompok kaum muslimin yang taat. Dan terpecahlah pasukan Thalut antara yang taat dan yang membangkang. Dan biang kerok dari terpecahnya pasukan Thalut adalah para pembangkang.

Dari uraian di atas hendaknya para aktivis jihad dan para pemimpinnya memperhatikan orang orang yang berjalan bersamanya dalam perjuangan. Jangan sampai ditengah tengah mereka ada orang orang yang memiliki karakter diatas yang berpotensi menjadi perusak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar