Kamis, 02 Juli 2015

Odoh 271, Sunnahnya menyegerakan buka & mengakhirkan sahur

ONE DAY ONE HADIST ( ODOH 271 )
SUNNAHNYA MENYEGERAKAN BUKA DAN MENGAKHIRKAN SAHUR.

عَنْ سَهْلِ بِنْ سَعْدٍ السَّاعِدِي رَضْيَ الله عَنْهُ:
أنَّ رَسُولَ الله صلى الله عليه وسلم قال: " لا يَزَالُ النَّاسُ بَخَيْر مَا عَجَّلُوْا الفِطْرَ
وَأَخَّرُّوا السُّحُوْر".

Artinya ; “ dari Sahl Bin Sa’ad As Sa’idiy, sesungguhnya Rasulullah bersabda “ Manusia akan selalu dalam kebaikan salama mereka menyegerakan berbuka puasa dan mengakhirkan sahur.

MAKNA DAN FAEDAH HADIST :

1. Pembuat syariat yang sangat bijaksana mengajurkan untuk membedakan antara ibadah dan waktunya dengan yang lainnya supaya jelas kedisiplinan dan ketaatan dalam melaksanakan perintah-perintah dn berhenti pada batas-batasnya .

2. Sunnahnya menyegerakan berbuka puasa apabila matahari telah jelas terbenam dengan berdasarkan penglihatan atau berita dari seorang yang terpercaya, begitu jug disunnahkan mengakhirkan sahur.

3. Menyegerakan berbuka tanda adanya kebaikan-kebaikan bagi siapa yang menyegerakannya, sedangkan siapa yang menunda-nunda berbuka tidak adakebaikan baginya.

4. Kebaikan yang dimaksud dalam hadist ini adalah ittiba’ ( mengikuti ) sunnah dan hal ini sangat diingikan oleh jiwa .

5. Menunda-nunda berbuka puasa adalah amalan golongan syi’ah yang merupakan salah golongan yang sesat lagi meyesatkan, tidak ada teladan bagi mereka kecuali golongan orang yahudi yang tidak mau berbuka kecuali setelah tampak bintang-bintang .

Dinukil dari kitab taisirul ‘alam , karya Syeikh Abdullah bin Abdurrahman Alu Bassam , kitab puasa bab saumu fis safar hadist no 189 hal 322-323 cet. Maktabah Ar Rasyid Riyadh

سُلَيْمَان اَبُوْ شَيْخَه. 57B67B27

أَسْعَدَ اللّهُ اَيَّامَكُمْ
Semoga Allah menjadikan hari-hari kalian
penuh kebahagian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar