Kamis, 23 Juli 2015

Membaca bismillah dan mengucapkan salam ketika masuk rumah

 #Membaca bismillah dan mengucapkan salam ketika masuk rumah#
 
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah bersabda :
 
"إِذَا دَخَلَ الرَّجُلُ بَيْتَهُ، فَذَكَرَ اللهَ عِنْدَ دُخُولِهِ وَعِنْدَ طَعَامِهِ، قَالَ الشَّيْطَانُ: لَا مَبِيتَ لَكُمْ، وَلَا عَشَاءَ، وَإِذَا دَخَلَ، فَلَمْ يَذْكُرِ اللهَ عِنْدَ دُخُولِهِ، قَالَ الشَّيْطَانُ: أَدْرَكْتُمُ الْمَبِيتَ، وَإِذَا لَمْ يَذْكُرِ اللهَ عِنْدَ طَعَامِهِ، قَالَ: أَدْرَكْتُمُ الْمَبِيتَ وَالْعَشَاءَ"
“Apabila seseorang masuk ke dalam rumahnya, kemudian menyebut nama Allah ketika akan masuk dan ketika akan makan, maka syaitan berkata : tidak ada tempat menginap bagi kalian dan tidak ada makan malam. Akan tetapi apabila dia masuk, kemudian tidak menyebut nama Allah ketika masuk rumah, maka syaitan berkata : kalian mendapatkan tempat menginap. Dan apabila ketika akan makan dia tidak menyebut nama Allah, maka syaitan berkata : kalian mendapatkan tempat menginap dan makan malam”. HR Muslim
 
Di dalam hadits yang lain  beliau bersabda :
 
"ثَلَاثَةٌ كُلُّهُمْ ضَامِنٌ عَلَى اللَّهِ، إِنْ عَاشَ رُزِقَ وَكُفِيَ، وَإِنْ مَاتَ أَدْخَلَهُ اللَّهُ الْجَنَّةَ: مَنْ دَخَلَ بَيْتَهُ فَسَلَّمَ، فَهُوَ ضَامِنٌ عَلَى اللَّهِ، وَمَنْ خَرَجَ إِلَى الْمَسْجِدِ، فَهُوَ ضَامِنٌ عَلَى اللَّهِ، وَمَنْ خَرَجَ فِي سَبِيلِ اللَّهِ فَهُوَ ضَامِنٌ عَلَى اللَّهِ"

“Tiga orang yang seluruhnya dijamin oleh Allah, apabila dia hidup akan diberi rizki dan kecukupan, apabila meninggal dunia maka Allah akan memasukkannya ke dalam surga, yaitu : orang yang masuk ke dalam rumahnya dan mengucapkan salam, maka dia dijamin oleh Allah. Orang yang berangkat menuju masjid, maka dia dijamin oleh Allah. Orang yang keluar berjihad di jalan Allah, maka dia dijamin oleh Allah”. HR.Ibnu Hibban dan dishahihkan oleh al-Albany
 
Jadi.., jangan lupa untuk membaca bismillah dan mengucapkan salam ketika masuk rumah, agar kita selamat dari syaitan dan mendapatkan jaminan Allah..

 Oleh Ustadz Askar Wardhana, Lc حفظه الله تعالى
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar