Sabtu, 26 Maret 2016

SUNAH YANG TERABAIKAN

# Sunnah yg terabaikan #

Ada banyak sunnah-sunnah yg diabaikan oleh sebagian kaum muslimin. Oleh karena itu, yg terbaik bagi setiap muslim adalah mempelajari sunnah-sunnah Rosululloh shollallohu 'alaihi wa sallam dan berusaha mengamalkannya.

Diantara sunnah Rosul kita yg diabaikan oleh sebagian kaum muslimin, adalah memulai dengan kaki kanan ketika memakai sendal atau sepatu atau yg semisalnya, dan mendahului kaki kiri ketika melepasnya.

Rosululloh shollallohu 'aaihi wa sallam bersabda:

إذا انتعل أحدكم فليبدأ باليمنى ، وإذا خلع فليبدأ بالشمال ، ولينعلهما جميعا أو ليخلعهما جميعا

"Apabila salah seorang diantara kalian memakai sendal, maka mulailah dengan kaki kanan. Dan apabila melepasnya, maka mulailah dengan kaki kiri. Pakailah kedua sekaligus atau lepaslah keduanya sekaligus.[1]

Maka, inilah diantara petunjuk beliau 'alaihish sholatu was salam yg banyak diabaikan. Entah apakah hal itu disebabkan karena ketidak tahuan, atau karena sikap meremehkan. Yg jelas..hendaknya kita semua berusaha untuk mengamalkan petunjuk beliau, yg sahabat Salman al-Farisi rodhiyallohu 'anhu berbangga dengannya di hadapan kaum musyrikin, ketika mereka bertanya kepada beliau dengan nada mengolok-olok:

علمكم نبيكم كل شيء حتى الخراعة ؟!

Nabi kalian telah mengajarkan kepada kalian segala sesuatu sampai masalah buang air?!"

Salman langsung menjawab dengan bangganya:

أجل !!!

"ya benar !!!" [2]

Demikianlah hendaknya kaum muslimin bersikap..bangga dengan izzah yg Alloh berikan kepada mereka yg berupa sunnah-sunnah.

Akhirnya...Semoga Alloh menambahkan kepada kita semua taufiq untuk dapat mengamalkan sunnah Rosul kita yg mulia..
-------------------------
[1]. HR. Bukhori dan Muslim dari Abu Huroiroh rodhiyallohu 'anhu. Dan lafazh tersebut milik Muslim

[2]. HR. Abu Daud

Lihat pembahasannya yg di susun oleh Syaikh Muhammad bin Sa'id Ruslan di dalam kutaibnya yg berjudul "As Sunanul Mahjuroh" Atau dalam edisi indonesianya "Sunnah-sunnah yg diremehkan"
-------------------------------
Abu Yahya

Legoso - Ciputat Tangsel

Tidak ada komentar:

Posting Komentar