Jumat, 04 September 2015

Semangat pagi itu barokah

Share tetangga.

🌼Semangat Pagi itu Berbarokah

بسم الله الرحمن الرحيم

💦Barakallahu fikum saudaraku…
semoga Allah senantiasa melimpahkan keberkahan kepadamu, simaklah penyemangat pagi yang berbarokah berikut ini:

🌀Hadits Pertama:
عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: «بُورِكَ لِأُمَّتِي فِي بُكُورِهَا»

Dari Abu Hurairah radhiallahu’anhu, dia berkata, Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam pernah bersabda, “Diberkahi bagi umatku pada waktu pagi harinya” (HR. At-Thobroni dalam Al-Mu’jamul al-Ausath 1/229 no. 754, SHOHIH, lihat Shohih Jami’us Shoghiir no. 2841)

🌀Hadits Kedua:
عَنْ صَخْرٍ الْغَامِدِيِّ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: «اللَّهُمَّ بَارِكْ لِأُمَّتِي فِي بُكُورِهَا»

Dari Shakhr al-Ghamidi Radhiyallahu 'anhu, ia berkata, “Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: ‘Ya Allah, berkahilah umatku di waktu paginya
(HR. Abu Dawud  no. 2606, Ibnu Majah no. 2236 dan 2238 (dari Ibnu Umar radhiallahu’anhuma), at-Tirmidzi  no. 1212, An-Nasa-I dalam as-Sunan al-Kubro no. 8782, at-Thobroni dalam al-Mu’jam al-Kabiir no. 7275.  Shohih Lighoirihi, lihat Shohih Abi Dawud – Al-Umm no. 2345 dan Shohih at-Targhib wat Tarhiib no. 1693)

✏Ibnu Bathol rahimahullah (wafat 449 H) mengatakan tentang hadits diatas:

لا يدل أن غير البكور لا بركة فيه؛ لأن كل ما فعل النبى (صلى الله عليه وسلم) - ففيه البركة ولأمته فيه أكبر الأسوة. وإنما خص (صلى الله عليه وسلم) البكور بالدعاء بالبركة فيه من بين سائر الأوقات والله أعلم - لأنه وقت يقصده الناس بابتداء أعمالهم وهو وقت نشاط وقيام من دعة، فخصه بالدعاء؛ لينال بركة دعوته جميع أمته

✏(Hadits diatas) tidak menunjukkan bahwa selain waktu pagi adalah waktu yang tidak ada keberkahannya sama sekali. Apa saja yang dilakukan (baca: dicontohkan) Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah mengandung barokah dan beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah sebaik-baik suri teladan/panutan bagi umatnya. Adapun Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mengkhususkan waktu pagi dengan mendo’akan keberkahan pada waktu tersebut daripada waktu-waktu yang lainnya karena pada waktu pagi tersebut  (Allahu A’lam) adalah waktu yang biasa digunakan manusia untuk memulai berbagai aktivitas (kesehariannya), dan Waktu tersebut adalah waktu (nasyaath) bersemangat untuk beraktivitas. Oleh karena itu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mengkhususkan do’a pada waktu tersebut agar seluruh umatnya mendapatkan keberkahan (dalam waktu tersebut). (Lihat Syarah Shohih al-Bukhori Libni Bathool 5/124 cet. Maktabah ar-Rusd 1423 H)

📚Fawaid:
1⃣    Nabi Shallallahu’alaihi wasallam menganjurkan untuk memulai aktivitas keseharian pada pagi hari karena di dalamnya ada keberkahan

2⃣   Keberkahan di pagi hari hanya diperuntukkan kepada Umat Nabi Shallallahu’alaihi wasallam, karena mayoritas orang kafir tidak bangun pada pagi hari terlelap dengan buaian dunia mimpi.

3⃣    Nabi Shallallahu’alaihi wasallam jika ingin mengirim utusan-utusannya adalah pada pagi hari, ini menunjukkan seorang pemimpin menganjurkan kepada bawahannya untuk melakukan permintaannya pada waktu yang paling ideal ataupun waktu yang paling fit bagi bawahannya untuk melakukannya.

4⃣   Memulai pagi hari yang penuh barokah itu dengan ketaatan, salah satu ketaatan yang paling dianjurkan adalah membaca al-Quran. Bahkan Syaikh Sholih al-Masy’ari hafizhahullah pernah memberikan nasehat “yang harganya sebanding dengan emas”

“Mulailah harimu dengan al-Quran, inSya Allah engkau akan mendapatkan berbagai keberkahan dan kemudahan dalam harimu itu”

5⃣   Keberkahan pagi itu hanya bisa didapat dengan usaha keras bukan tidur dan malas-malasan.

6⃣  Mulailah membiasakan anak semenjak kecil untuk memulai pagi harinya dengan ketaatan.

7⃣  Anjuran kepada orang yang mengajak kepada kebaikan/berdakwah kepada orang lain untuk memulai dakwahnya dengan mendoakan kebaikan orang yang didakwahi.

Semoga Bermanfaat
🍫 Zaki Abu Kayyisa

__________
Dinukil dari Group WA ملتقى الدعاة الى الله,  yang dikirim oleh Ust. Zaki Abu Kayyisa hafidzahullah

-------------------------
⏩ Repost GPS

Tidak ada komentar:

Posting Komentar