CP Share.
๐
๐
๐
๐
๐
๐
๐น6 Amalan Utama di Awal Dzulhijah
Nov 06Muhammad Abd. Tuasikal Msc
Segala puji bagi Allah, Rabb semesta alam. Shalawat dan salam kepada Nabi kita Muhammad, keluarga dan sahabatnya.
Alhamdulillah, bulan Dzulhijah telah menghampiri kita.
Bulan mulia dengan berbagai amalan mulia terdapat di dalamnya.
Lantas apa saja amalan utama yang bisa kita amalkan di awal-awal Dzulhijah? Moga tulisan sederhana berikut bisa memotivasi saudara untuk banyak beramal di awal Dzulhijah.
Keutamaan Sepuluh Hari Pertama Dzulhijah
Adapun keutamaan beramal di sepuluh hari pertama Dzulhijah diterangkan dalam hadits Ibnu โAbbas radhiyallahu โanhuma berikut,
ยซ ู ูุง ู ููู ุฃููููุงู ู ุงููุนูู ููู ุงูุตููุงููุญู ูููููุง ุฃูุญูุจูู ุฅูููู ุงูููููู ู ููู ููุฐููู ุงูุฃููููุงู ู ยป. ููุนูููู ุฃููููุงู ู ุงููุนูุดูุฑู. ููุงูููุง ููุง ุฑูุณูููู ุงูููููู ูููุงู ุงููุฌูููุงุฏู ููู ุณูุจูููู ุงูููููู ููุงูู ยซ ูููุงู ุงููุฌูููุงุฏู ููู ุณูุจูููู ุงูููููู ุฅููุงูู ุฑูุฌููู ุฎูุฑูุฌู ุจูููููุณููู ููู ูุงูููู ููููู ู ููุฑูุฌูุนู ู ููู ุฐููููู ุจูุดูููุกู ยป.
โTidak ada satu amal sholeh yang lebih dicintai oleh Allah melebihi amal sholeh yang dilakukan pada hari-hari ini (yaitu 10 hari pertama bulan Dzul Hijjah).โ Para sahabat bertanya: โTidak pula jihad di jalan Allah?โ Nabi shallallahu โalaihi wa sallam menjawab, โTidak pula jihad di jalan Allah, kecuali orang yang berangkat jihad dengan jiwa dan hartanya namun tidak ada yang kembali satupun.โ[1]
Dalil lain yang menunjukkan keutamaan 10 hari pertama Dzulhijah adalah firman Allah Taโala,
ููููููุงูู ุนูุดูุฑู
โDan demi malam yang sepuluh.โ (QS. Al Fajr: 2). Di sini Allah menggunakan kalimat sumpah. Ini menunjukkan keutamaan sesuatu yang disebutkan dalam sumpah.[2] Makna ayat ini, ada empat tafsiran dari para ulama yaitu: sepuluh hari pertama bulan Dzulhijah, sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan, sepuluh hari pertama bulan Ramadhan dan sepuluh hari pertama bulan Muharram.[3] Malam (lail) kadang juga digunakan untuk menyebut hari (yaum), sehingga ayat tersebut bisa dimaknakan sepuluh hari Dzulhijah.[4] Ibnu Rajab Al Hambali mengatakan bahwa tafsiran yang menyebut sepuluh hari Dzulhijah, itulah yang lebih tepat.
Pendapat ini dipilih oleh mayoritas pakar tafsir dari para salaf dan selain mereka, juga menjadi pendapat Ibnu โAbbas.[5]
Lantas manakah yang lebih utama, apakah 10 hari pertama Dzulhijah ataukah 10 malam terakhir bulan Ramadhan?
Ibnul Qayyim rahimahullah dalam Zaadul Maโad memberikan penjelasan yang bagus tentang masalah ini. Beliaurahimahullah berkata, โSepuluh malam terakhir bulan Ramadhan lebih utama dari sepuluh malam pertama dari bulan Dzulhijjah. Dan sepuluh hari pertama Dzulhijah lebih utama dari sepuluh hari terakhir Ramadhan. Dari penjelasan keutamaan seperti ini, hilanglah kerancuan yang ada.
Jelaslah bahwa sepuluh hari terakhir Ramadhan lebih utama ditinjau dari malamnya. Sedangkan sepuluh hari pertama Dzulhijah lebih utama ditinjau dari hari (siangnya) karena di dalamnya terdapat hari nahr (qurban), hari โArofah dan terdapat hari tarwiyah (8 Dzulhijjah).โ[6]
Sebagian ulama mengatakan bahwa amalan pada setiap hari di awal Dzulhijah sama dengan amalan satu tahun.
Bahkan ada yang mengatakan sama dengan 1000 hari, sedangkan hari Arofah sama dengan 10.000 hari. Keutamaan ini semua berlandaskan pada riwayat fadhoโil yang lemah (dhoโif). Namun hal ini tetap menunjukkan keutamaan beramal pada awal Dzulhijah berdasarkan hadits shohih seperti hadits Ibnu โAbbas yang disebutkan di atas.[7]
Mujahid mengatakan, โAmalan di sepuluh hari pada awal bulan Dzulhijah akan dilipatgandakan.โ[8]
6 Amalan Utama di Awal Dzulhijah
Ada 6 amalan yang kami akan jelaskan dengan singkat berikut ini.
1โฃ Pertama: Puasa
Disunnahkan untuk memperbanyak puasa dari tanggal 1 hingga 9 Dzulhijah karena Nabi shallallahu โalaihi wa sallam mendorong kita untuk beramal sholeh ketika itu dan puasa adalah sebaik-baiknya amalan sholeh.
Dari Hunaidah bin Kholid, dari istrinya, beberapa istri Nabi shallallahu โalaihi wa sallam mengatakan,
ุนููู ุจูุนูุถู ุฃูุฒูููุงุฌู ุงููููุจูููู -ุตูู ุงููู ุนููู ูุณูู - ููุงููุชู ููุงูู ุฑูุณูููู ุงูููููู -ุตูู ุงููู ุนููู ูุณูู - ููุตููู ู ุชูุณูุนู ุฐูู ุงููุญูุฌููุฉู ููููููู ู ุนูุงุดููุฑูุงุกู ููุซููุงูุซูุฉู ุฃููููุงู ู ู ููู ููููู ุดูููุฑู ุฃูููููู ุงุซููููููู ู ููู ุงูุดููููุฑู ููุงููุฎูู ููุณู.
โRasulullah shallallahu โalaihi wa sallam biasa berpuasa pada sembilan hari awal Dzulhijah, pada hari โAsyuraโ (10 Muharram), berpuasa tiga hari setiap bulannya[9], โฆโ[10]
Di antara sahabat yang mempraktekkan puasa selama sembilan hari awal Dzulhijah adalah Ibnu โUmar. Ulama lain seperti Al Hasan Al Bashri, Ibnu Sirin dan Qotadah juga menyebutkan keutamaan berpuasa pada hari-hari tersebut. Inilah yang menjadi pendapat mayoritas ulama.[11]
2โฃ Kedua: Takbir dan Dzikir
Yang termasuk amalan sholeh juga adalah bertakbir, bertahlil, bertasbih, bertahmid, beristighfar, dan memperbanyak doโa. Disunnahkan untuk mengangkat (mengeraskan) suara ketika bertakbir di pasar, jalan-jalan, masjid dan tempat-tempat lainnya.
Imam Bukhari dengan rahimahullah menyebutkan,
ููููุงูู ุงุจููู ุนูุจููุงุณู ููุงุฐูููุฑููุง ุงูููููู ููู ุฃููููุงู ู ู ูุนููููู ูุงุชู ุฃููููุงู ู ุงููุนูุดูุฑู ุ ููุงูุฃููููุงู ู ุงููู ูุนูุฏููุฏูุงุชู ุฃููููุงู ู ุงูุชููุดูุฑูููู . ููููุงูู ุงุจููู ุนูู ูุฑู ููุฃูุจูู ููุฑูููุฑูุฉู ููุฎูุฑูุฌูุงูู ุฅูููู ุงูุณููููู ููู ุฃููููุงู ู ุงููุนูุดูุฑู ููููุจููุฑูุงูู ุ ููููููุจููุฑู ุงููููุงุณู ุจูุชูููุจููุฑูููู ูุง . ููููุจููุฑู ู ูุญูู ููุฏู ุจููู ุนูููููู ุฎููููู ุงููููุงููููุฉู .
Ibnu โAbbas berkata, โBerdzikirlah kalian pada Allah di hari-hari yang ditentukan yaitu 10 hari pertama Dzulhijah dan juga pada hari-hari tasyriq.โ Ibnu โUmar dan Abu Hurairah pernah keluar ke pasar pada sepuluh hari pertama Dzulhijah, lalu mereka bertakbir, lantas manusia pun ikut bertakbir. Muhammad bin โAli pun bertakbir setelah shalat sunnah.[12]
Catatan:
Perlu diketahui bahwa takbir itu ada dua macam, yaitu
๐ takbir muthlaq (tanpa dikaitkan dengan waktu tertentu) dan
๐ takbir muqoyyad (dikaitkan dengan waktu tertentu).
Takbir yang dimaksudkan dalam penjelasan di atas adalah sifatnya muthlaq, artinya tidak dikaitkan pada waktu dan tempat tertentu. Jadi boleh dilakukan di pasar, masjid, dan saat berjalan. Takbir tersebut dilakukan dengan mengeraskan suara khusus bagi laki-laki.
Sedangkan ada juga takbir yang sifatnya muqoyyad, artinya dikaitkan dengan waktu tertentu yaitu dilakukan setelah shalat wajib berjamaโah[13].
Takbir muqoyyad bagi orang yang tidak berhaji dilakukan mulai dari shalat Shubuh pada hari โArofah (9 Dzulhijah) hingga waktu โAshar pada hari tasyriq yang terakhir. Adapun bagi orang yang berhaji dimulai dari shalat Zhuhur hari Nahr (10 Dzulhijah) hingga hari tasyriq yang terakhir.
Cara bertakbir adalah dengan ucapan:Allahu Akbar, Allahu Akbar, Laa ilaha illallah, Wallahu Akbar, Allahu Akbar, Walillahil Hamd.
3โฃ Ketiga: Menunaikan Haji dan Umroh
Yang paling afdhol ditunaikan di sepuluh hari pertama Dzulhijah adalah menunaikan haji ke Baitullah. Silakan baca tentang keutamaan amalan ini di sini.
4โฃ Keempat: Memperbanyak Amalan Sholeh
Sebagaimana keutamaan hadits Ibnu โAbbas yang kami sebutkan di awal tulisan, dari situ menunjukkan dianjurkannya memperbanyak amalan sunnah seperti shalat, sedekah, membaca Al Qurโan, dan beramar maโruf nahi mungkar.
5โฃ Kelima: Berqurban
Di hari Nahr (10 Dzulhijah) dan haritasyriq disunnahkan untuk berqurban sebagaimana ini adalah ajaran Nabi Ibrahim โalaihis salam. Silakan baca tentang keutamaan qurban di sini.
6โฃ Keenam: Bertaubat
Termasuk yang ditekankan pula di awal Dzulhijah adalah bertaubat dari berbagai dosa dan maksiat serta meninggalkan tindak zholim terhadap sesama. Silakan baca tentang taubat di sini.
Intinya, keutamaan sepuluh hari awal Dzulhijah berlaku untuk amalan apa saja, tidak terbatas pada amalan tertentu, sehingga amalan tersebut bisa shalat, sedekah, membaca Al Qurโan, dan amalan sholih lainnya.[14]
Sudah seharusnya setiap muslim menyibukkan diri di hari tersebut (sepuluh hari pertama Dzulhijah) dengan melakukan ketaatan pada Allah, dengan melakukan amalan wajib, dan menjauhi larangan Allah.[15]
Alhamdulillahilladzi bi niโmatihi tatimmush sholihaat. Segala puji bagi Allah yang dengan nikmat-Nya segala kebaikan menjadi sempurna.
Finished with aid of Allah, on 1st Dzulhijah 1431 H (07/11/2010), in KSU, Riyadh, KSA
Written by: Muhammad Abduh Tuasikal
www.rumaysho.com
[1] HR. Abu Daud no. 2438, At Tirmidzi no. 757, Ibnu Majah no. 1727, dan Ahmad no. 1968, dari Ibnu โAbbas. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits inishahih. Syaikh Syuโaib Al Arnauth mengatakan bahwa sanad hadits inishahih sesuai syarat Bukhari-Muslim.
[2] Lihat Taisir Karimir Rahman, โAbdurrahman bin Nashir As Saโdi, Muassasah Ar Risalah, cetakan pertama, tahun 1420 H, hal. 923.
[3] Zaadul Masiir, Ibnul Jauziy, Al Maktab Al Islami, cetakan ketiga, 1404, 9/103-104.
[4] Lihat Tafsir Juz โAmma, Syaikh Muhammad bin Sholih Al โUtsaimin, Darul Kutub Al โIlmiyyah, cetakan tahun 1424 H, hal. 159.
[5] Latho-if Al Maโarif, Ibnu Rajab Al Hambali, Al Maktab Al Islamiy, cetakan pertama, tahun 1428 H, hal. 469.
[6] Zaadul Maโad, Ibnul Qayyim, Muassasah Ar Risalah, cetakan ke-14, 1407, 1/35.
[7] Lathoif Al Maโarif, 469.
[8] Latho-if Al Maโarif, hal. 458.
[9] Yang jadi patokan di sini adalah bulan Hijriyah, bukan bulan Masehi.
[10] HR. Abu Daud no. 2437. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits inishahih.
[11] Latho-if Al Maโarif, hal. 459.
[12] Dikeluarkan oleh Bukhari tanpa sanad (muโallaq), pada Bab โKeutamaan beramal di hari tasyriqโ.
[13] Syaikh Hammad bin โAbdillah bin Muhammad Al Hammad, guru kami dalam Majelis di Masjid Kabir KSU, dalam Khutbah Jumโat (28/11/1431 H) mengatakan bahwa takbir muqoyyad setelah shalat diucapkan setelah membaca istighfar sebanyak tiga kali seusai shalat. Namun kami belum menemukan dasar (dalil) dari hal ini. Dengan catatan, takbir ini bukan dilakukan secara jamaโi (berjamaโah) sebagaimana kelakukan sebagian orang.Wallahu aโlam.
[14] Lihat Tajridul Ittibaโ, Syaikh Ibrahim bin โAmir Ar Ruhailiy, Dar Al Imam Ahmad, hal. 116, 119-121.
[15] Point-point yang ada kami kembangkan dari risalah mungil โAshru Dzilhijjahโ yang dikumpulkan oleh Abu โAbdil โAziz Muhammad bin โIbrahim Al Muqoyyad.
๐ ๐ ๐
Tidak ada komentar:
Posting Komentar