Jumat, 18 September 2015

Jangan lupakan ibadah hati yang satu ini

JANGAN LUPAKAN IBADAH HATI YANG SATU INI

 

Di antara amalan penting pada sepuluh hari pertama di bulan Dzulhijjah adalah bertaubat kepada Allah subhanahu wa ta'ala. Taubat artinya kembali kepada Allah ‘azza wa jalla dari segala hal yang dibenci-Nya menuju apa yang dicintai oleh-Nya. Seorang yang bertaubat dari dosa artinya ia menyesali dosa yang pernah ia kerjakan, meninggalkan dosa itu dan berjanji tidak akan mengulanginya lagi.

Kewajiban seorang muslim yang melakukan kemaksiatan adalah segera bertaubat kepada Allah ta’ala. Mengapa? Sebab:

★ Pertama: Ia tidak tahu kapan akan meninggal dunia.
★ Kedua: Kemaksiatan tersebut dapat menyeret kepada kemaksiatan lainnya.
★ Ketiga: Jika tidak, maka dampak buruk kemaksiatan itu akan didapatkannya.
★ Keempat: Apabila kemaksiatan tersebut dilakukan pada hari-hari utama seperti hari-hari ini, maka dosa yang akan ditanggungnya akan semakin besar.

Hendaknya kita mengingat bahwa di antara nama Allah adalah at-Tawwaab yang artinya Maha menerima taubat dan al-Ghoffaar yang artinya Maha pengampun. Maka itu mari kita manfaatkan hari-hari mulia ini untuk banyak bertaubat dan kembali kepada-Nya. Semoga Allah mudahkan niat baik kita semua.

Firman-Nya:

فَأَمَّا مَنْ تَابَ وَآمَنَ وَعَمِلَ صَالِحًا فَعَسَى أَنْ يَكُوْنَ مِنَ الْمُفْلِحِيْنَ.

Adapun orang yang bertaubat dan beriman, serta mengerjakan amal yang saleh, semoga dia termasuk orang-orang yang beruntung. (QS. Al-Qoshosh: 67)

Nabi shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

إِنَّ اللَّهَ عَزَّ وَجَلَّ يَبْسُطُ يَدَهُ بِاللَّيْلِ لِيَتُوْبَ مُسِيءُ النَّهَارِ، وَيَبْسُطُ يَدَهُ بِالنَّهَارِ لِيَتُوْبَ مُسِيْءُ اللَّيْلِ حَتَّى تَطْلُعَ الشَّمْسُ مِنْ مَغْرِبِهَا.

Sesungguhnya Allah ‘azza wa jalla membentangkan tangan-Nya pada malam hari agar orang yang berbuat kesalahan di siang hari bertaubat dan Dia membentangkan tangan-Nya di siang hari agar orang yang berbuat kesalahan di malam hari bertaubat sampai matahari terbit dari barat. (HR. Muslim)

Semoga kita semua diberi taufik untuk bertaubat kepada-Nya dan dimudahkan untuk melakukan kebaikan. Aamiin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar