Rabu, 12 Agustus 2015

Rindu baitullah#5

❤ RINDU BAITULLAH ❤
(Amalan Hati Dalam 'Ibadah Haji & 'Umrah)
👤 By: Ustadz Nuruddin Abu Faynan
📝 Halaqah 5
🌹Pasal Pertama: Persiapan Ibadah Haji dan Umrah🌹
🔸Urgensi Amalan hati dalam Ibadah Haji dan Umrah
🔹 Bagian ketiga
----------------------------------------

Saudara saudariku yang dimuliakan Allah سبحانه وتعالى dihalaqoh yang kelima ini, kita akan menjelaskan tentang pentingnya Amalan Hati dalam 'Ibadah Haji & 'Umroh.
Diantaranya :

1⃣. Sesungguhnya kejujuran penghambaan kepada Allah سبحانه وتعالى dengan amalan hati dalam syiar haji dan umroh, memotivasi kesemangatan jamaah haji dan umroh -dengan pertolongan Allah- untuk melaksanakan rukun-rukun, kewajiban-kewajiban, sunnah-sunnah secara sempurna. Dan akan membantunya juga untuk meninggalkan larangan-larangan ihrom, menjauhi perkataan kotor, durhaka dan jidal(perdebatan).

Jadi ibadah yang bathin akan menolong untuk melaksanakan ibadah yang dzhohir.

Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah Rahimahullah berkata :
"إذا حسنت السرائر أصلح الله الظواهر، فإن الله مع الذين اتقوا والذين هم محسنون"
"Apabila baik yang rahasia, pasti Allah akan memperbaiki yang dzhohir, dan sesungguhnya Allah bersama orang-orang yang bertaqwa dan orang-orang yang baik"(Majmu' Fataawa 3/277).

Ikhwah fillah...

Apabila jamaah haji dan umroh melaksanakan ibadah yang dzhohir dan bathin, maka soal yang demikian itu jalan diterimanya haji dan umroh -dengan izin Allah- dan penyebab mendapatkan pahala yang besar.

2⃣. Sesungguhnya kejujuran penghambaan kepada Allah Jalla wa 'ala dengan amalan hati dalam syiar haji dan umroh jalan untuk merubah kondisi jamaah haji setelah hajinya -dengan pertolongan Allah- dan jamaah umroh setelah umrohnya dalam kehidupan keimanan yang paling utama.

◆ Berapa banyak yang lalai menjadi baik kondisinya.
◆ Berapa banyak yang memiliki kebaikan bertambah kebaikannya.

Tidaklah yang demikian itu kecuali dengan sebab karunia Allah, kemudian dengan sebab merealisasikan amalan hati dalam syiar-syiar itu.

Ada juga di sana yang sebaliknya yang telah menyempurnakan haji atau umrohnya, akan tetapi haji dan umrahnya tidak merubah kepada kondisi keimanan yang lebih utama.

Tidaklah yang demikian itu, -wallahu'alam-, kecuali karena kelalaiannya dalam melaksanakan amalan hati.

Diantara contoh bahwasanya ibadah haji dan umroh memiliki pengaruh yang baik dalam kehidupan yang melaksanakannya, apa yang dilakukan  Imam Ibnu Qoyyim Rahimahullah menulis beberapa karangan yang yang sangat berharga. Diantaranya adalah kitabnya yang berfaedah : "Miftahdaru As-Sya'adah" ketika berada dikota makkah.

Beliau menyebutkan di dalam muqoddimahnya: "hal ini merupakan karunia yang Allah bukakan kepadanya, ketika aku memfokuskan kepada Allah di sisi rumahNya dan melemparkan diriku di pintuNya dalam keadaan miskin dan menghina dinakan dirinya dengan mengharapkan curahan RahmatNya di Baitullah di waktu pagi dan sore.Tidak akan rugi yang  menurunkan segala kebutuhan kepadaNya dan mentergantungkan segala cita-cita kepadaNya"(Miftah daar sa'aadah 1/126).

Begitu pula Imam mujaddid Muhammad bin Abdul Wahhab Rahimahullah, tatkala haji di Baitullah, berdiri di Multazam dan minta kepada Allah untuk menampakkan agama ini dengan dakwahnya dan semoga Allah mengaruniai kepadanya penerimaan dari manusia. (Lihat: Addurar Assaniyyah 12/8).

Dan contoh selain mereka -Walillahi Ilham- masih banyak, ini merupakan karunia Allah dan keutamaan Allah, yang tidak akan ada satupun yang menghalangiNya.

3⃣. Sesungguhnya kejujuran penghambaan kepada Allah Jalla Wa'Ala dengan Amalan Hati Dalam 'Ibadah Haji & 'Umroh yang merupakan ruh amalan anggota badan akan menjadikan jamaah haji dan umroh mendapatkan manisnya iman, kenyamanan, kegembiraan, ketenangan, ketenteraman tatkala melaksanakan ibadah haji dan umroh.

Dan manusia berbeda-beda dalam hal itu. Maka sesuai dengan perealisasian mereka dengan amalan hati dalam haji mereka dan umroh mereka, pasti akan mendapatkan lezatnya keimanan, kenyamanan, kegembiraan, ketenangan, ketenteraman dalam syiar  mereka.

Demikian semoga bermanfaat...
Wassalamu'alaikum warohmatullah wabarakaatuh

🇸🇦 Makkah Al-Mukarramah
Senin, 25 Syawal 1436
10 Agustus 2015

📖 Disarikan dari kitab "'Amal AlQulub fie Alhajji Wa Al-Umrah" Karya Syaikh 'Abdullah Al-'Anzi

📻 By: Ustadz Nuruddin Abu Faynan, pada Grup WhatsApp "Kajian Audio Muslim & Muslimah"

✏ Dicatat oleh salah seorang Admin Kajian Audio Muslimah

👥 Untuk Bergabung:
💬 Kirim pesan via WhatsApp (BUKAN SMS Seluler) ke:
📲 Muslim: +966554942933
📲 Muslimah: +966554506956
✏ Tulis: #Nama #Alamat #Muslim atau #Muslimah .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar