Selasa, 16 Februari 2016

ORANG PERTAMA YABG DIPANGGANG API NERAKA

Orang Pertama Yang Dipanggang Api Neraka

Dari Abu Hurairah ra: " Aku mendengar Rasulullah bersabda: " Sesungguhnya manusia pertama yang dijatuhi hukuman pada Hari Kiamat adalah orang yang gugur di medan perang. Ia dibawa lalu ditunjukkan nikmat-nikmat Nya kemudian ia mengakuinya. Allah bertanya: 'Apa yang kamu kerjakan disitu?' Ia menjawab: ' Aku berperang dijalan-Mu sampai aku gugur.'Allah berfirman: ' Bohong, tetapi kamu berperang supaya disebut sebagai pemberani dan sudah disebut begitu'. Kemudian ia diseret pada wajahnya hingga dilemparkan ke dalam Neraka....." (HR. Muslim no 1950)

Dikisahkan dalam hadist tsb 3 org yang pertama dipanggang api neraka. Yang pertama adalah org yg jihad, krn ingin disebut pemberani. Kedua adl orang yang mengabiskan hidupnya utk mencari ilmu dan mengamalkannya utk di sebut org Alim( berilmu). Yang ketiga adalah org yang didunia kaya raya, dan menginfaqkan hartanya. karna ingin disebut dermawan, ketiganya diseret wajahnya hingga dilemparkan ke Neraka. Naudzubilahi min dzalik.. Dapat kita renungkan bahwa ketiga org ini bukanlah org yg tidak paham agama, sebab semuanya mengatakan. ' kami lakukan karena-Mu' tapi Allah lebih mengetahui isi hati.

Berlindunglah dari hati. Sebab hanya Allah yang berhak menilai shalih/ah nya hamba.. Semoga kita senantia terlindungi dari ketiga jenis hamba ini.Dan termasuk yg shalih dimata-Nya.

Aamiin.. Astaghfirullaha wa atuubu ilaihi

[Ensiklopesi Islam Kaffah,BAB TAUHID DAN KEIMANAN, hal 261]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar