Minggu, 14 Februari 2016

Odoh 365, LARANGAN BANYAK BERSUMPAH

ONE DAY ONE HADIST (365)
LARANGAN BANYAK BERSUMPAH

 وعن سلمان رضي الله عنه  أن رسول الله صلى الله عليه وسلم قال: (( ثَلاَثَةٌ لاَ يُكَلِّمُهُمُ اللهُ وَلاَ يُزَكِّيْهِمْ وَلَهُمْ عَذَابٌ أَلِيْمٌ؛ أشيمط زَانٍ، وَعَائِلٌ مُسْتَكْبِرٌ، وَرَجُلٌ جَعَلَ اللهَ بِضَاعَتَهُ لاَ يَشْتَرِيْ إِلاَّ بِيَمِيْنِهِ وَلاَ يَبِيْعُ إِلاَّ بِيَمِيْنِهِ ))

Diriwayatkan dari Salman  bahwa Rasulullah  bersabda: “Tiga orang yang mereka itu tidak diajak bicara dan tidak disucikan oleh Allah (pada hari kiamat), dan mereka menerima adzab yang pedih, yaitu:  orang yang sudah beruban (tua) yang berzina, orang miskin yang sombong, dan orang yang menjadikan Allah sebagai barang dagangannya, ia tidak membeli atau menjual kecuali dengan bersumpah.” (HR. Thabrani dengan sanad yang shahih).

Makna dan Faedah Hadist :

1.     ada 3 golongan yang tidak diajak bicara oleh Allah Seperti orang yang sudah beruban (tua) yang berzina, atau orang melarat yang congkak, semestinya mereka tidak melakukan perbuatan dosa ini, karena faktor yang mendorong mereka untuk berbuat demikian adalah lemah atau kecil.

2.     Golongan yang ketiga adalah  orang yang banyak bersumpah ketika menjual / membeli dagangan sehingga seakan-akan menjadikan Allah sebagai barang dagangan

3.     Ancaman berat bagi orang yang selalu bersumpah, baik ketika menjual atau membeli.

4.     Adanya wasiat dari Allah untuk menjaga sumpah & Larangan dan celaan bagi orang yang banyak bersumpah tanpa diminta, Allah Ta’alaa berfirman :“Dan jagalah sumpahmu.” (QS. Al Maidah: 89).

5.     Peringatan bahwa dosa itu bisa menjadi besar walaupun faktor yang mendorong untuk melakukannya itu kecil.

6.     Rasulullah menjelaskan  bahwa sumpah itu dapat melariskan barang dagangan, tapi ia juga dapat menghapus keberkahan usaha itu, dari Abu Hurairah  berkata: “Aku mendengar Rasulullah  bersabda:

الحِلْفُ مَنْفَقَةٌ لِلسَّلْعَةِ مَمْحَقَةٌ لِلْكَسْبِ
“Sumpah itu dapat melariskan barang dagangan namun dapat menghapus keberkahan usaha.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Dinukil dari kitab Tauhid Karya Syeikh Muhammad At Tamimi An Najdi Bab 62   باب ما جاء في كثرة الحلف

سُلَيْمَانُ أَبُوْ شَيْخَة  

287302DE/58135AC8  

اَسْعَدَ اللهُ اَيَّامَاكُمْ وَ كُلُّ عَامٍ وَ اًنْتُمْ بِخَيْرٍ

Semoga Allah menjadikan hari-harimu penuh dengan kebahagian dan semoga kalian dalam keadaan baik-baik sepanjang masa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar