Sabtu, 21 November 2015

Penyakit dengki

📌Waspalah terhadap penyakit dengki dan iri..!📌

🔨 Penyakit dengki hanya muncul pada seseorang yang se-profesi. Orang berilmu dengan orang berilmu, pedagang dengan pedagang, tukang sepatu dengan tukang sepatu dan lain sebagainya. Karena asal mula permusuhan adalah untuk mendapatkan tujuan yang sama
🔨 Pangkal dari semua masalah adalah cinta dunia, dunia inilah yang membuat dua orang yang saling bersaing merasa sempit tempat pijakannya.
🔨 Orang yang bersaing dalam urusan akhirat tidak akan merasa sempit dan tidak akan saling mendengki, bahkan ketika ada pengetahuan tentang Allah, agama, nabi-Nya dsb diketahui banyak orang, ia akan semakin senang.
🔨 Pengetahuan tentang Allah ibarat lautan yang luas membentang seolah tak bertepi, yang berada di sisi-Nya tidak akan merasa sempit, ia akan senang berbagi kenikmatan ini dengan saudaranya.
🔨 Perbedaan ilmu dan harta, harta tidak terpegang di tangan selagi harta tidak berpindah dari tangan orang lain. Sedangkan ilmu berada di hati, ilmu bisa berada di hati siapa saja tanpa harus pindah dari tempat asal yang mengajarkannya, tanpa terkurangi sedikit pun.
🔨 Orang yang hanya mencari (ridha) Allah dalam hidupnya seperti orang yang melihat langit, yang tidak mungkin orang saling berdesakan, bersaing untuk melihatnya karena langit begitu luas.
🔨 Jika Engkau menyayangi dirimu, maka carilah kenikmatan yang tiada pernah luntur yaitu dengan mengetahui Allah dan keagungan-keagungan kerajaan-Nya
🔨 Dengki adalah penyakit yang parah, yang hanya bisa disembuhkan dengan ilmu dan amal
🔨 ilmu yang bisa menyembuhkan dengki yaitu, ilmu pengetahuan tentang hakikat dengki,
📌 ia sangat berbahaya bagi agama dan duniamu
📌 orang didengki tidak akan dirugikan, bahkan ia bisa mengambil manfaat
📌 ia akan menyiksa hatimu, tanpa memberi manfaat sedikit pun, bahkan akan mendatangkan adzab di akhirat
📌 Pendengki seperti orang yang melempar batu kepada orang lain tapi meleset bahkan batu itu terpental kembali ke dirinya. Kemudian ia marah, lalu ia melempar lagi dengan batu yang lebih besar tapi kembali batu itu terpental ke dirinya sendiri.
🔨Amal yang bisa mengobati penyakit dengki yaitu dengan melakukan kebalikannya, jika muncul rasa ingin mencela maka ia harus dengan memuji, jika muncul takabbur maka ia diganti dengan tawadhu, jika ia ingin menahan untuk memberi maka ia harus paksa untuk memberi kepada orang yang ia dengki dan seterusnya

(Diringkas dari kitab "Minhajul Qoshidin" karya Ibnu Qudamah)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar